Halaman

Rabu, 09 Maret 2011

ROBOT PERTANIAN | ROBOT PROSPERO

ROBOT PERTANIAN | ROBOT PROSPERO



Artikel ini di kutip dari detikINET, seiring dengan perkembangan jaman semua hal dapt dilakukan dengan instan serta tentunya serba robotik. tak hanya di dunia indusri yang menggunakan teknologi robot, tapi kini teknologi robot telah memasuki ranah pertanian. Baru - baru ini Tim Trossen Robotics dari sebuah forum robotik menciptakan apa yang disebut Autonomous Micro Planter yang dinamakan Prospero. ya dengan tercpitanya robot ini Pekerjaan petani akan lebih ringan

Dengan enam tangannya, Prospero yang berwujud mirip laba-laba ini berjalan-jalan di sekitar lahan pertanian. Dengan tertanamnya sensor pada tubuhnya memungkinkan Prospero mendeteksi lahan yang perlu ditanami.

Manakala Prospero menemukan lahan potensial, robot akan menggali tanah di area tersebut dan menanamkan benih di sana. Setelah itu, alat spray pada tubuhnya akan menyemprotkan air. Spray robot juga bisa diisi dengan pupuk cair atau cairan pestisida jika diperlukan.

"Prospero adalah langkah awal dalam sistem agrikultural yang bisa secara efektif membantu para petani, bahkan mungkin saja menggantikannya," ujar juru bicara Trossen Robtics.

Dia juga menyebutkan, kehadiran robot penanam memungkinkan area kecil bisa dimanfaatkan sehingga lebih efisien.

Hebat lambat laun kayaknya org gak perlu ngapa - ngapain tinggal nyuruh aja tu robot - robot...
Semoga bermanfaat..

0 komentar

Posting Komentar