Halaman

Sabtu, 05 Maret 2011

TIPS MELINDUNGI SISTEM KOMPUTER DARI VIRUS | MELINDUNGI SISTEM KOMPUTER DARI VIRUS

TIPS MELINDUNGI SISTEM KOMPUTER DARI VIRUS | MELINDUNGI SISTEM KOMPUTER DARI VIRUS


Komputer dan internet merupakan salah satu kegiatan yang tidak pernah terlepas pada era sekarang, dimana
ilmu teknologi sedang maju dengan pesatnya. Hal ini tentu membawa nilai positif dan negatif. Nah salah satu
nilai negatifnya adalah virus dapat dengan mudah menyerang komputer / laptop kita, virus pun berjalan sejalan dengan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan bervariasi. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga agar komputer kita tidak terserang virus. Berikut ini ada beberapa tips untuk melindungi sistem windows pada komputer / laptop kita.

Tips melindungi sistem komputer dari virus :  

Teraturlah membackup sistem dan data yang ada pada komputer
virus-virus berbahaya dapat menginfeksi file atau data yang menyebabkan kerusakan atau bahkan menghapus seluruh file. oleh karena itu teraturlah membackup file atau   data dan memisahkan  file tersebut kedalam media penyimpanan lain seperti flashdisk, CD/DVD, ATAU HARDDISK EKSTERNAL sehingga apabila virus yang menyerang sudah mencapai batas maksimal dan harus melakukan instalasi ulang windows maka data yang kita miliki tidak ikut hilang.
  
Aktifkan selalu firewall
firewall dapat menjaga komputer dari program - program yang mencurigakan dan yang secara potensial
berbahaya bagi sistem windows itu sendiri sehingga dapat memperkecil kemungkinan virus yang menginfeksi  komputer kita.
 
Gunakan antivirus yang baik dan cocok bagi komputer   
Untuk mengatasi virus tentu saja dengan menggunakan antivirus, maka dari itu penting bagi kita untuk menggunakan antivirus yang baik dan terpercaya agar komputer kita terlindungi seperti Kapersky misalnya. yang terpenting antivirus itu memiliki kehandalan serta tidak membebani komputer / laptop kita sendiri. Jangan lupa untuk senantiasa mengupdate antivirus tersebut.       

Teraturlah melakukan update terhadap Windows 
Windows secara default memilki fitur update secara otomatis yang berfungsi untuk memperbaharui sistem windows itu sendiri, baik sistem kerja maupun sistem keamanan. sehingga penting bagi kita untuk terus mengupdate sistem Windows tersebut agar sistem keamanan komputer kita selalu terjaga.

Tidak melakukan instalasi program sembarangan
Berhati - hatilah dalam menginstal program, karena belum tentu progam yang ingin kita instal 100% bebas dari virus, sebaiknya lakukan scan terlebih dahulu. Jangan menginstal program yang tidak kita kenal, serta tidak mendownload program dari sembarang situs, sebaiknya tes terlebih dahulu situs tersebut.

Lindungilah komputer / laptop dengan password agar tidak sembarang orang bisa menggunakannya.

Gunakan Web Security Guard
Jika kamu adalah seorang netter maka penting bagi kamu menginstall yang namanya Web Security Guard semacam Crawler pada  browser kamu agar proses searching kamu terlindungi dari bahaya virus.

Gunakan spam proteksi  
virus-virus sering menyebarkan email melalui. menyalakan spam penyaring di kotak email merupakan cara yang tepat dalam menghalangi spam yang berisi virus. jika perlu mintalah bantuan penyedia email untuk memblokir spam yang mencurigakan

Demikian beberapa tips melindungi sistem komputer kita dari yang namanya virus. Semoga bermanfaat.... jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...

2 komentar

achfaz 1 April 2011 pukul 23.31

Terimakasih atas tulisannya..
sangat bermanfaat.
bagaimana pendapat dik, tentang antivirus SMADAV? ANTIVIRUS tsb. berbahaya pa g'?

dikrivan 9 April 2011 pukul 19.41

pendapat saya pribadi, smadav cukup handal dalam menangani virus -virus lokal jadi bisa dibilang tidak berbahaya, hanya saja harap download dari situs resminya, karena ila dari sembarang situs di khawatirkan mengandung malware

Posting Komentar